Prioritas dalam Muharram yaitu bulan peringatan dan diselenggarakan dengan menggalang kegiatan amal termasuk puasa

TRIBUNNEWS.COM-Kamis (19 Agustus 2020) Umat Islam di seluruh dunia termasuk Indonesia merupakan bulan masuk kalender Muharram 1442 Hijriah.

Bulan pertama dalam kalender Hijriah memiliki ciri dan kelebihan tersendiri. Surat Edaran dari Majelis Islam Pusat PK Sejahtera menyebutkan bahwa Muharram memiliki enam ciri dan keutamaan, sebagai berikut: Baca: Tata Cara Sholat di Istikala: Praktik Khusus Menentukan dan Menentukan Pilihan Hati– – 1. Bulan kejayaan-Muharram adalah salah satu dari empat bulan Haram yang dipuji oleh Allah.

Empat bulan ini adalah Zugada, Zuluja, Muharram dan Rajab. Allah Ta’alla berfirman dalam ayat 36 Al-Qur’an:

Dalam Wolam Al-Kham Al-Yamam, jumlah bulan bersama Tuhan adalah dua belas bulan, dan bumi dilarang selama empat bulan. Bulan, yang melarang agama berharga. Berjuang dengan semua orang musyrik. Menurut keputusan Allah untuk menciptakan dunia, bulan di hadapan Allah adalah dua belas bulan, termasuk empat bulan Haran. Ini adalah agama (status) yang benar, jadi selama empat bulan ini jangan menganiaya diri sendiri dan melawan semua orang musyrik, karena mereka juga melawan kalian semua dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takut.

2. Tingkatkan puasa

Selama bulan ini, kami juga mendorong umat Islam untuk melakukan banyak ibadah, termasuk puasa.

Hadis sebagai Nabi:

Nabi Ibn Abbas Ra telah melihatnya. Ketika dia datang ke Madinah, dia menemukan bahwa orang-orang Yahudi sedang berpuasa selama satu hari, yaitu … Asyura (10 Muharram). Mereka berkata: “Hari ini benar-benar hari yang indah. Itu adalah hari ketika Allah menyelamatkan Musa dan menenggelamkan keluarga Firaun. Oleh karena itu, Nabi Musa berpuasa untuk menunjukkan rasa syukurnya kepada Allah. Rasul SAW. Katakan, “Aku tidak lagi berhak mengikuti Moussa seperti mereka.” Maka dia berpuasa dan memerintahkan (kaumnya) untuk berpuasa ”(Bukhari).

Hadits lain: Rasula dari Abu · Gunung Hulala Said: “Puasa terbaik setelah Ramadhan adalah Allah Muharram. Usai ibadah wajib, layanan terbaiknya adalah shalat malam. (Muslim)

Secara umum, Muharram dapat berpuasa dengan cara-cara berikut:

Pertama, berpuasa selama tiga hari, hari sebelum dan hari kedua, yaitu di bulan Muharram. Puasa pada hari ke 9, 10 dan 11.

– Kedua, hari puasa dan hari setelah atau sebelum puasa: 9 dan 10, atau 10 dan 11.

– Ketiga, hanya Puasa pada tanggal 10. Karena ketika Nabi diperintahkan untuk berpuasa pada hari Asyura, hari Sabat berkata: “Ini adalah hari yang mulia bagi orang Yahudi dan Kristen. Dia berkata:” Jika tahun depan datang, Insya’Allah akan berpuasa untuk hari kesembilan, tetapi Wafat dalam waktu setahun. (Muslim report).

Baca: Bacaan Nabi Muhammad SAW, Sholawat Nariyah dan Sholawat Tibbil Qulub, Artinya

Niat Puasa Asyura – Saya Berencana Puasa dari Allah Ta Sepuluh Ekaristi of’ala-Feeling: “Aku berencana berpuasa di hari komuni Asyur karena Allah Ta’ala”

Leave a comment

adu ayam bali_s128.net login_s128.live