Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melatih personel medis dan keselamatan untuk menangani keadaan darurat COVID-19

JAKARTA TRIBUNNEWS.COM-Menghadapi pandemi COVID-19 yang terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia, diperlukan upaya serius untuk mempersiapkan tim medis dan satuan pertahanan sipil dalam kesiapsiagaan bencana.

Mereka juga harus dibekali prosedur untuk menghadapi karyawan yang terserang COVID-19, biasanya karyawan tersebut tiba-tiba pingsan dan kehilangan kesadaran.

Karena Jabodetabek merupakan wilayah merah wabah COVID-19, dan kediaman pegawai KLHK yang berada di gedung Manggala Wanabakti Jabodetabek, maka sangat perlu dilakukan edukasi bagaimana menghadapi keadaan darurat wabah COVID-19.

Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Sekjen KLHK) mengatakan mengingat tempat kerja sekitar 2.500 karyawan di gedung KLHK tersebar di 3 wilayah besar, maka diperlukan pembekalan tim medis dan dinas keamanan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan tenaga kerja. Blok sumber daya tim yaitu blok 1, blok 4 dan blok 7.

Baca: Ini Alur Pasien RS Gawat Darurat Coronavirus Wisma Atlet Kemayoran

“Idealnya, setiap komponen harus ada minimal satu tim menghadapi gawat darurat ini,” kata Bambang di Manggala, Jakarta, Jumat. Gedung KLHK Wanabhakti pada acara pembukaan diklat tenaga medis dan persiapan keselamatan kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam menghadapi keadaan darurat COVID-19 (27/3).

Diadopsi oleh Sekretariat Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Langkah tersebut merupakan penilaian terhadap epidemi virus korona-COVID-19 berdasarkan perintah langsung dan instruksi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar yang sangat memperhatikan upaya pencegahan dan pengendalian.

Selama masa pengajuan, Stafsus Hanny Adiati turut mendukung kesiapan tenaga perawat dan keselamatan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam menghadapi keadaan darurat COVID-19, Ketua Menteri Dr. William dan petugas klinis Dr. Sonny.

Peserta pelatihan terdiri dari tenaga medis di lingkungan binaan Manggala Wanabakti, termasuk dokter umum, bidan, praktisi laboratorium, supir ambulans dan staf unit di pintu masuk gedung aman.

Beberapa dokumen yang disediakan antara lain prosedur darurat, tanda-tanda penderita COVID-19, dan standar peralatan yang digunakan. Banbang mengatakan bahwa back office yang menerima surat masuk dan keluar serta layanan back office lainnya masih disediakan secara manual dan online oleh petugas piket setiap jam setiap hari. Pelayanan perizinan usaha terintegrasi juga terus beroperasi sesuai regulasi, sehingga utilitas tidak akan terganggu.

Leave a comment

adu ayam bali_s128.net login_s128.live