Kementerian Kesehatan sedang mengembangkan laboratorium analisis sampel Covid-19 dengan total 139 buah

Reporter Tribunnews.com Fransiskus Adhiyuda

Tribunnews.com Jakarta – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah membuka banyak laboratorium yang semula hanya empat laboratorium. Sejauh ini, ada 139 laboratorium di Indonesia. Sebagai tempat bagi Covid-19 untuk melakukan pengujian swab, ini memainkan peran penting.

Abdul Kadir Plt berkata. Direktur Departemen Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan dalam dialog di Pusat Media Kelompok Kerja Nasional BNPB Graha di Jakarta, Selasa (16/6/2020). — “Pada awal kasus, kami mengoperasikan 4 laboratorium. Namun, ternyata perkembangan ini sangat cepat sehingga Menteri Kesehatan mengeluarkan Surat Edaran No. 234 tahun 2020,” kata Abdul .

Baca: KSAD Hope Mobile Level 2 Laboratorium Keamanan Hayati dapat memeriksa sampel spesimen Covid dari Rumah Sakit AD Army

Dia menjelaskan bahwa pemberitahuan tersebut menetapkan pembukaan laboratorium untuk melakukan layanan inspeksi Covid-19.

“Surat edaran ini menyediakan kemungkinan dan izin untuk membuka Covid-19 untuk semua laboratorium departemen dan lembaga pemerintah (termasuk laboratorium rumah sakit dan laboratorium swasta). Sampai saat ini, layanan inspeksi laboratorium telah tersedia di seluruh dunia Tidak kurang dari 139 laboratorium terdaftar di Indonesia, “kata Abdul.

Peningkatan jumlah laboratorium juga meningkatkan jumlah spesimen yang diperiksa, awalnya mencapai sekitar satu hari. 1.000, sekarang spesimen yang diperiksa telah mencapai 19.100.

Baca: COVID-19 kasus telah mencapai 40.000, di samping itu, pasien pulih, mencapai 15.703

Abdul mengatakan bahwa di masa depan, itu akan meningkatkan jam kerja dan juga melibatkan sumber daya manusia untuk meningkatkan inspeksi harian Sampel. Kami memperpanjang jam kerja. Jam kerja di banyak laboratorium sangat terbatas. Dulu 6 jam, kita butuh 12 jam sehari, “kata Abdul .

” Tentu saja, kita penuh harapan, misalnya, jika hanya 6 jam sehari, kita bisa mencapai 19.000 orang. Dia melanjutkan: “Dengan menggandakan jam kerja dan meningkatkan hasil inspeksi, kami akan menambah beban kerja.”

Leave a comment

adu ayam bali_s128.net login_s128.live