Juru bicara Bio Farma: Vaksin Sinovac tidak mengandung sel Vero dan tidak mengandung bahan pengawet

Liputan Tribunnews Larasati Dyah Utami-Jakarta TRIBUNNEWS.COM-Juru bicara vaksin Covid-19 PT Bio Farma Bambang Herianto membantah bahwa vaksin Sinovac mengandung jaringan monyet atau biasa disebut sel vero (sel vero).

Banbang juga menunjukkan bahwa vaksin covid-19 tidak mengandung bahan pengawet, seperti boraks, formalin atau merkuri dalam pemberitaan. Studi vaksin covid-19 Bio Farma menjelaskan bahwa sel vero hanya digunakan sebagai media untuk tumbuh kembang. Proses penularan virus dimana virus digunakan sebagai bahan vaksin tidak akan ikut serta dalam produk vaksin.

“Sel virus tidak akan ikut dan akan dibawa hingga proses produksi vaksin akhir, sehingga produk akhir vaksin tidak lagi mengandung sel proyektil tersebut,” kata siaran pers Bambang, Minggu (1 Maret 2020). -dia menegaskan vaksin Covid-19 yang didistribusikan ke masyarakat akan halal. Baca: Pemerintah mewajibkan masyarakat mengecek informasi vaksin korona dari situs resminya.Selain diperiksa Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) AS, pihaknya saat ini tengah mengkaji vaksin asal China oleh Panitia Ulama Indonesia LP POM MUI ) penelitian makanan, medis dan kosmetik. — “Sel-sel ini tidak akan dilibatkan dalam proses pembuatan akhir.

Vaksin COVID-19 Sinovac saat ini sedang menjalani sertifikasi halal melalui LPPOM MUI,” ujarnya.

Bambang mengatakan vaksin Sinovac hanya mengandung virus yang dimatikan dan tidak mengandung virus hidup maupun virus yang dilemahkan.

Leave a comment

adu ayam bali_s128.net login_s128.live