Bicaralah dengan dokter: Kami lelah dan tidak dapat memanfaatkan pandemi Covid-19

Reporter Tribunnews.com Rina Ayu melaporkan dari Jakarta TRIBUNNEWS.COM-Wakil Presiden Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Moh Adib Khumaidi menyayangkan sebagian masyarakat masih meyakini para dokter mendapat manfaat dari pandemi Covid-19.

Sebenarnya, menurut dia, masyarakat dan dokter sudah terkena imbas secara sosial dan ekonomi.

“Kalau kita bicara masalah ekonomi, itu bukan milik kita. Apa yang kita dapat dari hasil survei itu? Survei menunjukkan bahwa 78% dokter di Jawa Timur juga terkena dampaknya.” Ia pernah hadir dalam acara virtual talk show BNPB Program ‘Kesiapan Manajemen Pasien SDC’, kata Senin (16/11/2020). Menurut data IDI, secara psikologis, Adib mengatakan, kesehatan dokter dan karyawan juga rentan mengalami burnout atau kelelahan hingga 85%.

Meskipun 15% adalah dokter spesialis.

Baca juga: Dalam penanganan Covid -19 di kawasan ini, dokter menghadapi tiga tantangan dan harus sangat sabar

Lihat juga: Mohamed Wrong Positive Covid- Tanggal 19, Liverpool menerima timnas Mesir Kabar terbaru dari relawan dokter-Covid-19 harus menghindari kembali ke z dan tidak menemui keluarganya.

“Ada dokter di Sumatera Barat yang tidak pulang dan berharap dapat menyelesaikan tugas sebelum selesai. Pulang berarti itulah yang terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia.” -Sampai kemarin, Adib (Adib ) mengatakan 159 dokter dan 9 dokter meninggal karena terpapar Covid -19, dan sebagian besar dari mereka bukanlah orang yang merawatnya secara langsung. Covid-19 .

“Dalam sistem kesehatan di institusi ini, masalah telah teratasi. Dari 159 orang yang bekerja di rumah sakit rujukan rendah Covid-19, kebanyakan dari mereka bekerja di rumah sakit non-rujukan. Ini adalah contoh risiko yang juga ada di semua layanan, ”jelas Adib.

Ia juga berharap selama pandemi Covid-19 ini, semua pihak dapat meringankan pekerjaan tenaga kesehatan dan medis. Hingga saat ini belum ada yang dapat memastikan bahwa pandemi telah berakhir, Setiap orang harus mematuhi prosedur kesehatan 3M dan mengikuti prosedurnya, yaitu memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan tetap sehat. Jarak “Artinya, memerangi Covid-19 harus bersama-sama, bekerja sama dan tidak saling memahami. Titik nol kita adalah memajukan upaya bersama dalam penanganan Covid-19,” harapnya.

Leave a comment

adu ayam bali_s128.net login_s128.live