Alasan Bio Farma dan Sinovac Biotech menjadi mitra dalam produksi vaksin Covid-19

Laporan Reporter Tribunnews.com Reynas Abdila-Jakarta, TRIBUNNEWS.COM-CEO Bio Farma Honesti Basyir menjelaskan alasan memilih Sinovac Biotech Ltd sebagai mitra produksi virus corona atau vaksin Covid-19. Berdasarkan platform vaksinasi atau cara pembuatan vaksin yang digunakan Sinovac, sama dengan kemampuan Bio Farma saat ini.

Baca: Dr. Reisa Menyinggung Orang Yang Diduga Bahaya Virus Corona: Silahkan Lihat Kesaksian Korban

“Dengan metode inaktivasi ini, Bio Farma punya pengalaman dalam pembuatan vaksin seperti vaksin pertusis,” kata Honesti Demikian disampaikan Tribunnews.com dalam keterangan yang diterima, Senin (20/7/2020). Masih ada beberapa langkah yang harus ditempuh pada hari Minggu sebelum uji klinis selesai pada Agustus 2020.

Langkah-langkah yang masih harus diselesaikan antara lain pengujian di laboratorium Bio Farma dan memperoleh beberapa izin lainnya.

Uji klinis vaksin covid-19 akan diadakan di Pusat Uji Coba Klinik Fakultas Kedokteran Unpad, yang akan mengambil sampel 1.620 subjek berusia antara 18 dan 59 tahun yang memiliki standar tertentu. Vaksin tersebut akan digunakan di laboratorium penguji laboratorium milik sendiri, termasuk Bio Farma dan Pusat Penguji Obat dan Makanan Nasional (PPOMN).

Baca: Jokowi Bubarkan Kelompok Kerja Percepatan Pengolahan Covid-19

Ia mengatakan uji klinis vaksin Covid-19 dijadwalkan selesai pada Januari 2021.

“Jika uji klinis fase III vaksin Covid-19 berjalan dengan baik, maka Bio Farma akan memproduksinya pada triwulan I tahun 2021, dan kami telah menyiapkan fasilitas produksi di Bio Farma, kata Honesti:“ Kapasitas produksi maksimal 2.5 100 juta dosis “.

Leave a comment

adu ayam bali_s128.net login_s128.live