KPAI mengimbau pemerintah untuk menyeimbangkan kualitas sekolah dalam sistem zonasi

Jakarta TRIBUNNEWS.COM-Komisioner Pendidikan Retno Listyarti dari Komisi Kesejahteraan Sosial Anak Indonesia (KPAI) meminta pemerintah mewujudkan pemerataan kualitas sarana dan prasarana sekolah. Pemerataan kualitas pendidikan di setiap daerah untuk mendukung sistem zonasi.

“Jika upaya tersebut tidak dilakukan, maka mustahil tercapai tujuan sistem zonasi untuk mencapai pemerataan pendidikan. Siswa dan orang tua juga akan merasa sistem tersebut tidak adil,” kata Retno, Rabu (5/8/2020). ) Kata pada konferensi pers online. -Baca: Khofifah Bilang Pemerintah Pusat Pertanggungjawabkan Pembagian Covid-19, Sentil Risma Gugat Status Surabaya?

Menurut Retno, kewajiban untuk menjamin ketersediaan sarana dan prasarana yang layak dan tidak diskriminatif diatur dalam Pasal 30 UUD 1945 dan Pasal 60 UU. Undang-Undang Hak Asasi Manusia No. 39 tahun 1999.

Selain itu, Retno juga mewajibkan pemerintah pusat dan daerah menerapkan aturan zonasi secara sistematis. “Tidak memenuhi target partisi.” – Retno mengatakan-ada cara lain untuk beradaptasi dengan faktor-faktor tersebut. Pemisahan mengingat ketersediaan kapasitas tidak selalu mudah, terutama untuk daerah. -Daerah dimana sekolah tidak merata -Meski misi Permendikbud n ° 44/2019 adalah agar pemerintah daerah menyelenggarakan PPDB dengan prinsip mendekatkan tempat tinggal siswa dengan sekolah

Leave a comment

adu ayam bali_s128.net login_s128.live