Antarmuka pengguna epidemiologis: vaksin bukanlah solusi

Jakarta TRIBUNNEWS.COM-Epidemiolog Pandu Riono dari Universitas Indonesia (UI) mengatakan, pemerintah belum melakukan upaya melakukan kegiatan bersama masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona. ——Meski menurut Pan Du, cara mencegah penyebaran virus corona adalah dengan memakai masker dan menjaga jarak. — Menurut Pandu, kedua perilaku ini harus menjadi bahan gerakan yang intens di masyarakat.

“Perilaku penduduk menjadi penting. Ujung-ujungnya, tidak ada komunikasi antara mereka dan tidak ada upaya kampanye publik. Akhirnya orang-orang curiga memakai topeng untuk melindungi diri. Jaraknya sudah dipisahkan lebih awal. Bahkan kemasannya. Memang ini memang ditutup-tutupi, ”kata Pandu dalam webinar yang dibawakan oleh Iluni UI, Sabtu (19/9/2020).

Bacaan: Kalaupun ditemukan vaksin Covid-19, ia tidak bisa menjaga gaya hidup bersih dan sehat-Pan tidak memakai masker dan menjaga jarak selama kampanye, tapi merasa pemerintah malah giat melakukan edukasi tentang vaksin. -Menurut P Andu, pemerintah sepertinya menggunakan vaksin sebagai solusi pandemi Covid-19.

Meski menurut Pandu, keberadaan vaksin belum tentu menjadi solusi.

“Sekarang saya sudah diberitahu bahwa kita akan menghadapi masalah pandemi ini, asal ada vaksinnya tidak akan sulit. Ini juga salah. Vaksin bukan jalan keluarnya,” kata Pandu. Selain itu, vaksin juga memiliki efek samping.

“Masyarakat belum ada, mungkin terpaksa harus ada vaksin. Kalau terpaksa ke sana sekitar 50% efisiensinya digunakan,” kata Pandu. Menurut Pandu, semestinya pemerintah bisa melakukan olah raga untuk kampanye pemakaian topeng, ketimbang membawa harapan akan vaksin kepada masyarakat. -Pandu juga menyampaikan bahwa pemerintah harus belajar dari slogan gerakan KB, “Dua anak adalah anak terbesar di dunia. Cukup”. –Menurut Pandu, kampanye tersebut berhasil mengubah perilaku masyarakat dalam ber-KB.

“Menurut saya ceritanya obat mujarab dari vaksin itu bisa menyelesaikan masalah. Jadi saya juga sedang mempertimbangkan bagaimana kisah vaksin akan menyelesaikan masalah ini,” tutup Pandu.

Leave a comment

adu ayam bali_s128.net login_s128.live